Prakiraan Cuaca Mingguan

24 - 30 Juni 2016

Hasil Pantauan sebagai Dasar Pertimbangan

Terbentuknya Pusat Tekanan Rendah (1009 hPa) di Samudera Hindia Barat Bengkulu dan Utara Papua. Menyebabkan terbentuknya belokan angin di wilayah Sumaetera bagian selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Seletan, Sulawesi bagian tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat. Suhu muka laut umumnya berkisar antara 27oC – 30oC, anomali suhu muka laut (-0.5 - +2.0 oC) dengan anomali positif berada di Samudera Hindia bagian Barat Sumatera bagian Selatan hingga Selatan NTT, Laut Jawa, dan Laut Arafuru.

Angin gradien untuk wilayah Indonesia bagian Selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari Timur hingga Tenggara, dengan kecepatan antara 5-60km/ jam . Sedangkan untuk Indonesia bagian Barat angin cenderung lebih bervariasi dari Barat Daya hingga Utara, dengan kecepatan antara 5-50km/jam. Kecepatan angin maksimum (60km/jam) berpeluang terjadi di sekitar Samudera Hindia Selatan Jawa dan Barat Sumatera, dan laut Aru.

Hujan dengan intensitas sedang-lebat berpeluang terjadi di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTB, NTT dan Papua bagian Barat.

Wilayah Jabodetabek

24 - 26 Juni 2016

27 - 30 Juni 2016

JakartaUmumnya berawan, berpotensi terjadi hujan sedang - lebat pada sore/malam hari.Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan - sedang pada sore/malam hari.
BogorUmumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan-sedang pada sore/malam hari.Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan - sedang pada sore/malam hari.
TangerangUmumnya berawan, berpotensi terjadi hujan sedang –lebat pada sore/malam hari.Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan - sedang pada sore/malam hari.
BekasiUmumnya berawan, berpotensi terjadi hujan sedang - lebat pada sore/malam hari.Umumnya cerah-berawan, berpotensi terjadi hujan ringan-sedang pada sore/malam hari.
DepokUmumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan-sedang pada sore/malam hari.Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan-sedang pada sore/malam hari.

24 - 26 Juni 2016

27 - 30 Juni 2016

SumateraUmumnya berawan, berpotensi hujan ringan di Riau, Sumatera Selatan sedangkan potensi hujan sedang - lebat di Lampung.Umumnya cerah-berawan, berpotensi hujan ringan di Aceh dan Lampung.
KalimantanUmumnya berawan, berpotensi hujan ringan di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.
SulawesiUmumnya berawan, berpotensi hujan ringan - sedang di Sulawesi Tengah sedangkan potensi hujan sedang-lebat terdapat di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo dan Sulawesi Utara.Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan - sedang di Sulawesi Tengah sedangkan potensi hujan sedang terdapat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.
MalukuUmumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di Maluku. Sedangkan hujan sedang-lebat di Maluku Utara.Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di Maluku dan Maluku Utara.
PapuaUmumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di Papua sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Papua Barat.Umumnya cerah-berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di Papua Barat dan Papua.
JawaUmumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di Jakarta, sedangkan hujan sedang-lebat di Jawa Barat dan Serang.Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Serang, sedangkan hujan sedang – lebat di Jawa Timur.
Bali, NTT dan NTBUmumnya berawan, potensi hujan ringan-sedang terdapat di Bali. Sedangkan potensi hujan lebat terdapat di NTT dan NTB.Umumnya berawan, potensi hujan ringan-sedang terdapat di Bali. Sedangkan potensi hujan lebat terdapat di NTT dan NTB.

Peringatan Dini

24 – 25 Juni 2016 : Kalimantan Timur bagian Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Papua Barat, Papua 26 - 27 Juni 2016 : Kalimantan Tengah bagian Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua 28 – 30 Juni 2016 : Sulawesi Tengah bagian Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara Maluku, Papua

Catatan dan Keterangan

Hujan ringan dengan intensitas         : 0,1 - 5,0 mm/jam atau 5 - 20 mm/hari
Hujan sedang dengan intensitas        : 5,0 - 10,0 mm/jam atau 20 - 50 mm/hari
Hujan lebat dengan intensitas            : 10,0 - 20 mm/jam atau 50 - 100 mm/hari
Hujan sangat lebat dengan intensitas : >20 mm/jam atau >100 mm/hari

Untuk keperluan 'perencanaan' dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi BMKG (Unit kerja: Pusat Meteorologi Publik - Informasi Meteorologi Publik sebagai antisipasi perubahan/updating dari prakiraan mingguan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika © 2009 - Hak cipta dilindungi undang-undang
Kantor Pusat : Jl. Angkasa I No.2, Kemayoran, Jakarta Pusat - Indonesia , Telp. 021-4246321